Selasa, 17 Desember 2013

Langkah-langkah Mutasi Pegawai

Pegawai Negeri Sipil yang ingin mutasi atau pindah tempat kerja biasanya karena alasan ingin berkumpul dengan keluarga, atau mengurus orang tua yang sudah sakit dan lain-lain itu dapat dimaklumi dan boleh mengusulkan pindah tugas. Olehnya itu di sini saya posting tentang langkah-langkah mutasi dan apa-apa saja yang harus dilakukan dan dipersiapkan. Adapun langkah-langkah untuk mutasi sebagai berikut :

Membuat surat permohonan pindah kepada Kepala Dinas atau Instansi yang dituju yang ditandatangani oleh pemohon dengan melampirkan :
  • Fotokopi SK CPNS dan SK terakhir
  • Fotokopi DP3 2 tahun terakhir
  • Fotokopi Kartu Pegawai
  • Surat Bebas Temuan dari Inspektorat daerah asal
  • SK PNS suami (bila ada)
  • Surat rekomendasi/lolos butuh dari Kepala Insatasi atau Kepala Sekolah yang dituju
Setelah mendapat persetujuan dari Kepala Dinas atau Kepala Instansi yang dituju, langkah selanjutnya adalah membuat surat permohonan yang ditujukan kepada Walikota atau Bupati Cq. Kepala BKD daerah tujuan yang ditandangani oleh pemohon dengan melampirkan berkas seperti di atas dan ditambah dengan surat persetujuan yang telah ditandatangani oleh Kepala Dinas atau Kepala Instansi yang di tuju

Langkah selanjutnya menunggu hasil rekomendasi persetujuan dari Walikota atau Bupati daerah yang dituju. Biasanya pada tahap ini membutuhkan waktu yang lama, dan disarankan sering-sering mengecek perkembangan dan mempertanyakan jika ada masalah atau kekurangan dan sambil berdoa.

Jika anda berhasil dan surat rekomendasi sudah ditandatangani oleh Walikota atau Bupati, maka secepatnya anda mengucap Alhamdulillah dan sujud syukur dan segera bawa surat rekomendasi tersebut ke daerah tempat anda bertugas

Pada tahap ini biasanya ada 2 surat permohonan yang harus dibuat yaitu surat permohonan pindah Kepada Kepala Dinas tempat anda bekerja dan surat permohonan pindah kepada Walikota atau Bupati daerah asal dengan melampirkan berkas seperti di atas di tambah dengan surat persetujuan dari Walikota atau Bupati daerah tujuan. Ini juga mungkin membutuhkan waktu yang lama tergantung dari Walikota atau Bupati daerah asal apakah mau melepas atau mempertahankan anda. Biasanya jika sudah ada surat persetujuan dari Walikota atau Bupati daerah tujuan maka tidak akan sulit lagi anda mendapatkan surat persetujuan itu. tapi ini tergantung lagi dari Walikota atau Bupati  daerah asal apakah mau melepas atau mempertahankan anda.

Jika anda berhasil lagi mendapatkan surat persetujuan dari Walikota atau Bupati daerah asal artinya sudah 90 % anda akan pindah.

Langkah selanjutnya adalah pergi ke kantor Gubernur di bagian Kepegawaian/BKD dengan membawa surat persetujuan dari Walikota atau Bupati daerah tujuan dan Surat persetujuan dari Walikota atau Bupati daerah asal dengan melampirkan berkas seperti yang saya sebutkan di atas. Disini anda akan menunggu surat persetjuan dari Gubernur. Biasanya ini hanya memakan waktu hanya 1 minggu selesai.

Setelah surat persetujuan dari Gubernur keluar, maka selamat anda sudah 95% akan bertugas di tempat baru anda. Selanjutnya bawa surat persetujuan dari Gubernur tersebut ke BKD tempat tujuan anda untuk mendapat surat atau SK penempatan dari Walikota atau Bupati di mana anda akan di tempatkan.

Setelah surat atau SK penempatan dari Walikota atau Bupati keluar, maka selamat anda sudah 99,99% sudah pindah bekerja dan segera bawa surat tersebut ke Dinas/Kantoratau SKPD dimana anda di tempat sesuai yang tercantum di isi SK penempatan tersebut.

Dari tempat baru anda melaksanakan tugas mintalah surat pernyataan melaksanakan tugas dari kepala SKPD tempat anda ditugaskan sebagai bukti bahwa anda telah melapor dan telah melaksanakan tugas di tempat baru anda kemudian anda simpan 1 sebagai arsip.

Di sini boleh dikata bahwa selamat anda sudah 100% pindah tugas dan dapat berkumpul dengan keluarga kembali. Tinggal masalahnya bagaimana supaya gaji anda juga bisa pindah dan dapat diterima di daerah baru tempat anda bekerja. Untuk bagaimana memindahkan gaji tersebut nanti pada postingan saya berikutnya akan diuraikan lagi bagaimana agar gaji cepat pindah ke tempat baru anda.

Jika nada tertarik dengan posting saya ini, silahkan diberi komentar atau jika ada yang kurang jelas bisa ditanyakan di sini. Terima kasih .

Kalau anda ingin melihat contoh permohonan pindah dapat anda download di sini :
  • Contoh surat rekomendasi dari kepala sekolah (daerah asal) download
  • Contoh surat permohonan kepada Kepala Dinas (daerah tujuan) download
  • Contoh surat permohonan kepada Walikota/Bupati (daerah tujuan) download
  • Contoh surat permohonan kepada Kepala Dinas (daerah asal) download
  • Contoh surat permohonan kepada Walikota/Bupati (daerah asal) download


1 komentar:

  1. PENGEN PUNYA SMARTPHONE KELAS ATAS TAPI GA BIKIN KANTONG TERKURAS? SILAHKAN CHAT DI BBM INVET PIN: 24C4A399 ATAU HUB/SMS:0857-5729-9675- ATAS NAMA NABILA SAIRA SHOP. TERSEDIA BERBAGAI MEREK MULAI DARI SAMSUNG, I PHONE, ZONY EXPERIA DLL JUGA ADA LAPTOP, CAMERA, DLL. BARANG ASLI ORIGINAL 100%, ( BUKAN SC ATAU REPLIKA )

    BalasHapus