Selasa, 19 Mei 2015

Download PTK Metode Pendekatan CTL Materi Reaksi Redoks

ABSTRAK
JUMADIL RAKHMAD, ST (2014). Penelitian Tindakan kelas : Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Kimia Siswa pada Materi Reaksi Redoks dengan Menggunakan Metode Pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) di Kelas X Jurusan Teknik Kendaraan Ringan 1 SMK Kartika XX-1 Makassar)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan metode pembelajaran dengan pendekatan kontekstual (CTL) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi reaksi redoks di kelas X Jurusan teknik Kendaraan Ringan 1 SMK Kartika XX-1 Makassar
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), di mana guru yang bertindak sebagai peneliti yang juga mengajar di kelas yang diberi tindakan dibantu oleh seorang teman sejawat yang bertindak sebagai kolaborator atau observer yang bertugas mengamati aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran dengan pendekatan kontekstual (CTL) berlangsung.
Penelitian dilaksanakan di kelas X Jurusan Teknik Kendaraan Ringan 1 SMK Kartika XX-1 Makassar pada semester 2 tahun pelajaran 2013-2014. Penelitian atas dua siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Kegiatan penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Sebelum dilakukan tindakan pra siklus dilakukan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran yang belum menggunakan pendekatan kontekstual.
Pada pra siklus di mana guru masih menggunakan metode pembelajaran konvensonal rata-rata nilai tes adalah 63,61 dan hasil ketuntasan belajar siswa masih 51,61% dari 31 siswa yang mengikuti tes hanya 16 siswa yang tuntas. Aktivitas siswa pada pra siklus masih 40,65% dengan kategori kurang aktif. Pada siklus I, guru sudah melaksanakan pembelajaran pendekatan kontekstual (CTL) yang didapatkan hasil belajar siswa mendapatkan nilai rata-rata 68,39% dan ketuntasan belajar siswa masih 67,74% dari 31 siswa yang mengikuti tes ada 21 siswa yang tuntas belajar. Adapun aktivitas siswa pada siklus I sudah meningkat dari pra siklus yaitu 56,69 atau kategori cukup aktif. Walaupun aktivitas dan hasil belajar siswa dari pra siklus ke siklus I mulai ada peningkatan, tapi belum mencapai indikator yang diharapkan. Oleh karena itu tindakan dilanjutkan ke siklus II, di mana hasil belajar siswa rata-rata 75,10 dan ketuntasan belajar klasikal mencapai 87,10%. Begitu juga aktivitas siswa pada siklus II juga meningkat yaitu 71,53% atau berkategori aktif. Dengan demikian pembelajaran yang berlangsung pada siklus II ini sudah dianggap berhasil karena sudah mencapai indikator.
 Pada tahap perencanaan disusun skenario pembelajaran dan menyiapkan perangkat pembelajaran. Proses pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan CTL. Hasil observasi dipresentasikan dalam diskusi. Pada tahap observasi, dilakukan pengamatan aktifitas peserta didik dan tes hasil akhir belajar. Indikator kinerja pada penelitian berupa tercapainya ketuntasan belajar secara individual dan klasikal sebesar 88,46%.

Hasil penelitian membuktikan bahwa penggunaan metode pembelajaran dengan pendekatan kontekstual (CTL) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi reaksi redoks.
Jika teman guru berminat memiliki PTK ini silahkan unduh gratis di sini

Jika ada pertanyaan silahkan tulis pada kolom komentar di bawah atau kirim email ke jrakhmad@gmail.com

8 komentar:

  1. Bang Terima kasih...ijin donlot ya, tpi file koq eror g bsa di ekstrak padahal sdah saya paswwod jrakhmad.blogspot.com

    BalasHapus
  2. terimah kasih pa, moga sukses slslu

    BalasHapus
  3. Mohon ijin download... terima ksh

    BalasHapus
  4. mohon ijin download materinya pak.

    BalasHapus
  5. Ma kasih pak... Sangat membantu. Gb

    BalasHapus