PENERAPAN METODE PENDEKATAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING
AND LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SOSIOLOGI SISWA
PADA MATERI PENGENDALIAN SOAIAL DI KELAS X-1 SMA NEGERI 1 LAROMPONG SELATAN
HASBIAH, S.Sos, MM
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui efektivitas penerapan metode pembelajaran dengan pendekatan
kontekstual (CTL) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada
materi pengendalian sosial di kelas X-1 SMA Negeri 1 Larompong Selatan.
Penelitian ini adalah Penelitian
Tindakan Kelas (PTK), di mana guru yang bertindak sebagai peneliti yang juga
mengajar di kelas yang diberi tindakan dibantu oleh seorang teman sejawat yang
bertindak sebagai kolaborator atau observer yang bertugas mengamati aktivitas
guru dan siswa selama proses pembelajaran dengan pendekatan kontekstual (CTL)
berlangsung.
Penelitian dilaksanakan di kelas X-1 SMA
Negeri 1 Larompong Selatan pada semester 2 tahun pelajaran 2013-2014.
Pelaksanaan penelitian ini meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan,
observasi dan refleksi. Kegiatan penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus
yaitu siklus I dan siklus II. Sebelum dilakukan tindakan pra siklus dilakukan
untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran yang belum menggunakan pendekatan
kontekstual.
Pada pra siklus di mana guru masih
menggunakan metode pembelajaran konvensonal rata-rata nilai tes adalah 70,13
dan hasil ketuntasan belajar siswa masih 56,67% dari 30 siswa yang mengikuti
tes hanya 17 siswa yang tuntas dan 13 siswa belum tuntas. Aktivitas siswa pada
pra siklus masih 60,00% dengan kategori cukup aktif. Pada siklus I, guru sudah
melaksanakan pembelajaran pendekatan kontekstual (CTL) yang didapatkan hasil
belajar siswa mendapatkan nilai rata-rata 73,07 dan ketuntasan belajar siswa
masih 83,33% dari 30 siswa yang mengikuti tes ada 25 siswa yang tuntas belajar
dan 5 siswa yang belum tuntas. Adapun aktivitas siswa pada siklus I sudah
meningkat dari pra siklus yaitu 74,35% atau kategori aktif. Walaupun aktivitas
dan hasil belajar siswa dari pra siklus ke siklus I mulai ada peningkatan, tapi
belum mencapai indikator yang diharapkan. Oleh karena itu tindakan dilanjutkan
ke siklus II, di mana hasil belajar siswa rata-rata 75,73 dan ketuntasan
belajar klasikal mencapai 93,33%. Begitu juga aktivitas siswa pada siklus II
juga meningkat yaitu 81,29% atau berkategori sangat aktif. Dengan demikian
pembelajaran yang berlangsung pada siklus II ini sudah dianggap berhasil karena
sudah mencapai indikator.
Hasil penelitian membuktikan bahwa penggunaan
metode pembelajaran dengan pendekatan kontekstual (CTL) dapat meningkatkan
aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran sosiologi pada materi
pengendalian sosial.Untuk lebih lengkapnya, PTK ini dapat anda download file wordnya di sini
PENGEN PUNYA SMARTPHONE KELAS ATAS TAPI GA BIKIN KANTONG TERKURAS? SILAHKAN CHAT DI BBM INVET PIN: 24C4A399 ATAU HUB/SMS:0857-5729-9675- ATAS NAMA NABILA SAIRA SHOP. TERSEDIA BERBAGAI MEREK MULAI DARI SAMSUNG, I PHONE, ZONY EXPERIA DLL JUGA ADA LAPTOP, CAMERA, DLL. BARANG ASLI ORIGINAL 100%, ( BUKAN SC ATAU REPLIKA )
BalasHapusLink SUdah tidak aktif
BalasHapus