Sabtu, 27 Desember 2014

DOWNLOAD PTK SOSIOLOGI METODE PENDEKATAN CTL MATERI PENGENDALIAN SOSIAL



PENERAPAN METODE PENDEKATAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SOSIOLOGI SISWA PADA MATERI PENGENDALIAN SOAIAL DI KELAS X-1 SMA NEGERI 1 LAROMPONG SELATAN

HASBIAH, S.Sos, MM

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan metode pembelajaran dengan pendekatan kontekstual (CTL) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi pengendalian sosial di kelas X-1 SMA Negeri 1 Larompong Selatan.
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), di mana guru yang bertindak sebagai peneliti yang juga mengajar di kelas yang diberi tindakan dibantu oleh seorang teman sejawat yang bertindak sebagai kolaborator atau observer yang bertugas mengamati aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran dengan pendekatan kontekstual (CTL) berlangsung.
Penelitian dilaksanakan di kelas X-1 SMA Negeri 1 Larompong Selatan pada semester 2 tahun pelajaran 2013-2014. Pelaksanaan penelitian ini meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Kegiatan penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II. Sebelum dilakukan tindakan pra siklus dilakukan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran yang belum menggunakan pendekatan kontekstual.
Pada pra siklus di mana guru masih menggunakan metode pembelajaran konvensonal rata-rata nilai tes adalah 70,13 dan hasil ketuntasan belajar siswa masih 56,67% dari 30 siswa yang mengikuti tes hanya 17 siswa yang tuntas dan 13 siswa belum tuntas. Aktivitas siswa pada pra siklus masih 60,00% dengan kategori cukup aktif. Pada siklus I, guru sudah melaksanakan pembelajaran pendekatan kontekstual (CTL) yang didapatkan hasil belajar siswa mendapatkan nilai rata-rata 73,07 dan ketuntasan belajar siswa masih 83,33% dari 30 siswa yang mengikuti tes ada 25 siswa yang tuntas belajar dan 5 siswa yang belum tuntas. Adapun aktivitas siswa pada siklus I sudah meningkat dari pra siklus yaitu 74,35% atau kategori aktif. Walaupun aktivitas dan hasil belajar siswa dari pra siklus ke siklus I mulai ada peningkatan, tapi belum mencapai indikator yang diharapkan. Oleh karena itu tindakan dilanjutkan ke siklus II, di mana hasil belajar siswa rata-rata 75,73 dan ketuntasan belajar klasikal mencapai 93,33%. Begitu juga aktivitas siswa pada siklus II juga meningkat yaitu 81,29% atau berkategori sangat aktif. Dengan demikian pembelajaran yang berlangsung pada siklus II ini sudah dianggap berhasil karena sudah mencapai indikator.
 Hasil penelitian membuktikan bahwa penggunaan metode pembelajaran dengan pendekatan kontekstual (CTL) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran sosiologi pada materi pengendalian sosial.

Untuk lebih lengkapnya, PTK ini dapat anda download file wordnya di sini

2 komentar:

  1. PENGEN PUNYA SMARTPHONE KELAS ATAS TAPI GA BIKIN KANTONG TERKURAS? SILAHKAN CHAT DI BBM INVET PIN: 24C4A399 ATAU HUB/SMS:0857-5729-9675- ATAS NAMA NABILA SAIRA SHOP. TERSEDIA BERBAGAI MEREK MULAI DARI SAMSUNG, I PHONE, ZONY EXPERIA DLL JUGA ADA LAPTOP, CAMERA, DLL. BARANG ASLI ORIGINAL 100%, ( BUKAN SC ATAU REPLIKA )

    BalasHapus