UPAYA
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH SISWA DALAM PEMBELAJARAN PAI PADA
MATERI IMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISTIK DENGAN PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS XI IPA 1
SMA NEGERI 1 LAROMPONG SELATAN
M. ALWI, S.Ag, M.Pd.I
ABSTRAK
Penelitian ini
bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar
kimia siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) pada materi iman
kepada kitab-kitab Allah dengan penerapan pendekatan konstruktivistik dengan problem
based learning. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan
Kelas (PTK) yang secara umum terdiri dari 2 (dua) siklus. Masing-masing siklus
terdapat 4 (empat) tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan
refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Larompong
Selatan Kab. Luwu yang berjumlah 35 siswa terdiri dari 3 siswa laki-laki dan 22
siswa perempuan. Penelitian ini difokuskan pada materi iman kepada kitab-kitab
Allah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, lembar observasi,
angket siswa, dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, dapat disimpulkan
bahwa penerapan pendekatan konstruktivistik
dengan problem based learning mampu meningkatkan kemampuan memecahkan
masalah siswa dalam pembelajaran PAI di kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Larompong
Selatan. Peningkatan dapat dibuktikan dengan meningkatnya kemampuan siswa dalam
klarifikasi istilah dan konsep yang belum jelas, merumuskan masalah,
menganalisa masalah, menata gagasan, memformulasikan tujuan pembelajaran dan
mencari informasi tambahan dari sumber lain. Selain itu dari data kuantitatif
yakni dengan meningkatnya nilai ujian dari pada saat pretest, siklus I dan
siklus II. Jumlah nilai rata-rata pada pelaksanaan pretest adalah 72,34
kemudian setelah dilaksanakan tindakan pada siklus I jumlah nilai rata-rata
meningkat menjadi 76,23 atau meningkat menjadi 5,38% atau sekitar 77,14%
keberhasilan. Sedangkan pada pelaksanaan siklus II terjadi peningkatan dari
siklus I ke siklus II 1,19% atau sekitar 91,43% keberhasilan. Dari hasil
penelitian tindakan ini peneliti memberikan saran sebagai pertimbangan.
Perkembangan pembelajaran berbasis masalah perlu dikembangkan guna meningkatkan
kegiatan-kegiatan belajar mengajar, untuk dapat mengembangkan kemampuan
memecahkan masalah siswa memerlukan banyak latihan, guru memerlukan pendekatan
untuk memberikan motivasi terhadap setiap siswa agar dalam pelaksnaannya siswa
dapat memahami instruksi guru dan terbentuk rasa percaya diri.
JIka berminat dengan PTK ini secara lengkap silahkan download filenya di sini
PENGEN PUNYA SMARTPHONE KELAS ATAS TAPI GA BIKIN KANTONG TERKURAS? SILAHKAN CHAT DI BBM INVET PIN: 24C4A399 ATAU HUB/SMS:0857-5729-9675- ATAS NAMA NABILA SAIRA SHOP. TERSEDIA BERBAGAI MEREK MULAI DARI SAMSUNG, I PHONE, ZONY EXPERIA DLL JUGA ADA LAPTOP, CAMERA, DLL. BARANG ASLI ORIGINAL 100%, ( BUKAN SC ATAU REPLIKA )
BalasHapus