Sabtu, 27 Desember 2014

DOWNLOAD PTK PAI : PENDEKATAN KONSTRUKTIVISTIK DENGAN PROBLEM BASED LEARNING MATERI IMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH



UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH SISWA DALAM PEMBELAJARAN PAI PADA MATERI IMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISTIK DENGAN PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS XI IPA 1 SMA NEGERI 1 LAROMPONG SELATAN

M. ALWI, S.Ag, M.Pd.I


ABSTRAK
 
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar kimia siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) pada materi iman kepada kitab-kitab Allah dengan penerapan pendekatan konstruktivistik dengan problem based learning. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang secara umum terdiri dari 2 (dua) siklus. Masing-masing siklus terdapat 4 (empat) tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Larompong Selatan Kab. Luwu yang berjumlah 35 siswa terdiri dari 3 siswa laki-laki dan 22 siswa perempuan. Penelitian ini difokuskan pada materi iman kepada kitab-kitab Allah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, lembar observasi, angket siswa, dan dokumentasi.  Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan konstruktivistik dengan problem based learning mampu meningkatkan kemampuan memecahkan masalah siswa dalam pembelajaran PAI di kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Larompong Selatan. Peningkatan dapat dibuktikan dengan meningkatnya kemampuan siswa dalam klarifikasi istilah dan konsep yang belum jelas, merumuskan masalah, menganalisa masalah, menata gagasan, memformulasikan tujuan pembelajaran dan mencari informasi tambahan dari sumber lain. Selain itu dari data kuantitatif yakni dengan meningkatnya nilai ujian dari pada saat pretest, siklus I dan siklus II. Jumlah nilai rata-rata pada pelaksanaan pretest adalah 72,34 kemudian setelah dilaksanakan tindakan pada siklus I jumlah nilai rata-rata meningkat menjadi 76,23 atau meningkat menjadi 5,38% atau sekitar 77,14% keberhasilan. Sedangkan pada pelaksanaan siklus II terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II 1,19% atau sekitar 91,43% keberhasilan. Dari hasil penelitian tindakan ini peneliti memberikan saran sebagai pertimbangan. Perkembangan pembelajaran berbasis masalah perlu dikembangkan guna meningkatkan kegiatan-kegiatan belajar mengajar, untuk dapat mengembangkan kemampuan memecahkan masalah siswa memerlukan banyak latihan, guru memerlukan pendekatan untuk memberikan motivasi terhadap setiap siswa agar dalam pelaksnaannya siswa dapat memahami instruksi guru dan terbentuk rasa percaya diri.
JIka berminat dengan PTK ini secara lengkap silahkan download filenya di sini 


1 komentar:

  1. PENGEN PUNYA SMARTPHONE KELAS ATAS TAPI GA BIKIN KANTONG TERKURAS? SILAHKAN CHAT DI BBM INVET PIN: 24C4A399 ATAU HUB/SMS:0857-5729-9675- ATAS NAMA NABILA SAIRA SHOP. TERSEDIA BERBAGAI MEREK MULAI DARI SAMSUNG, I PHONE, ZONY EXPERIA DLL JUGA ADA LAPTOP, CAMERA, DLL. BARANG ASLI ORIGINAL 100%, ( BUKAN SC ATAU REPLIKA )

    BalasHapus