PENERAPAN METODE READING GUIDE UNTUK MENINGKATKAN
PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PAI PADA MATERI KOMPETISI DALAM
KEBAIKAN DI KELAS XI IPA 2 SMAN 1 LAROMPONG SELATAN KAB. LUWU
M. ALWI, S.Ag, M.Pd.I
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan
prestasi belajar siswa dalam pembelajaran PAI pada materi Kompetisi dalam
Kebaikan dengan penerapan metode pembelajaran reading guide. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian
Tindakan Kelas (PTK) yang secara umum terdiri dari 2 (dua) siklus.
Masing-masing siklus terdapat 4 (empat) tahapan yaitu perencanaan, tindakan,
observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 2 SMA
Negeri 1 Larompong Selatan Kab. Luwu pada semester 1 tahun pelajaran 2013-2014
dengan jumlah siswa sebanyak 35 siswa terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 27
siswa perempuan. Indikator keberhasilan penelitian ini berupa tercapainya
ketuntasan belajar secara individu maupun klasikal. Teknik pengumpulan data
yang digunakan adalah metode tes, observasi dan dokumentasi. Data hasil
pengamatan tes prestasi (achievement test) atau nilai evaluasi diolah dengan
deskriptif untuk menggambarkan keadaan peningkatan pencapaian keberhasilan tiap
siklus. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa: keberhasilan penerapan metode reading guide dalam pembelajaran
PAI pokok bahasan kompetisi dalam kebaikan bagi siswa kelas XI IPA 2 di SMA
Negeri 1 Larompong Selatan Kab. Luwu yang ditunjukkan dengan adanya peningkatan
prestasi belajar siswa. Dari data hasil belajar siswa tahun lalu yang diambil
sebagai data pra siklus, pembelajaran yang terjadi di kelas belum cukup
kondusif, karena siswa cenderung kurang aktif dalam menerima pelajaran, sulit
menemukan titik fokus terhadap mata pelajaran, malu untuk bertanya, kurang
membaca dan basik kemampuan siswa yang rendah. Pada pembelajaran siklus I,
dengan penerapan metode reading guide proses pembelajaran
yang berlangsung sudah membaik, ini terlihat dari prosentase keaktifan peserta
didik 72, 71% dan prestasi belajar mengalami kenaikan dengan prosentase
ketuntasan belajar peserta didik yang semula 47,06% menjadi 62,86% dengan
rata-rata semula 67,88 naik menjadi 76,86. Pada pembelajaran siklus II, dengan
penerapan metode reading guide proses pembelajaran sudah terpusat pada
materi pelajaran. Hal ini terlihat dari kenaikan prosentase keaktifan siswa
dari siklus I, 72,71% menjadi 80,57% dan prosentase ketuntasan belajar pada
siklus 62,86% menjadi 85,71%, sedangkan nilai rata-rata peserta didik siklus I,
76,86 menjadi 82,29. Sehingga bisa disimpulkan bahwa terjadi peningkatan nilai
rata-rata dari pra siklus ke siklus I kemudian ke siklus II dan tidak perlu
dilakukan siklus III.
Berminat dengan PTK ini? Langsung download aja di sini.
Berminat dengan PTK ini? Langsung download aja di sini.
PENGEN PUNYA SMARTPHONE KELAS ATAS TAPI GA BIKIN KANTONG TERKURAS? SILAHKAN CHAT DI BBM INVET PIN: 24C4A399 ATAU HUB/SMS:0857-5729-9675- ATAS NAMA NABILA SAIRA SHOP. TERSEDIA BERBAGAI MEREK MULAI DARI SAMSUNG, I PHONE, ZONY EXPERIA DLL JUGA ADA LAPTOP, CAMERA, DLL. BARANG ASLI ORIGINAL 100%, ( BUKAN SC ATAU REPLIKA )
BalasHapuspworny
BalasHapuspworny
BalasHapusgak bisa di download filenya...
BalasHapus