Selasa, 09 September 2014

Media Pembelajaran Kimia Power Point

Dalam metodologi pengajaran ada dua aspek yang paling meonjol yakni metode mengajar dan media pengajaran sebagai alat bantu mengajar (Nana dan Rivai, 2010). Kedudukan media pengajaran sebagai alat bantu mengajar ada pada komponen metodologi, sebagai salah satu lingkup belajar yang diatur oleh guru. Idealnya seorang guru mampu memanfaatkan kondisi kemajuan (sarana dan  prasarana) yang disediakan oleh sekolah dengan membuat media pembelajaran yang baik karena media pengajaran dapat meningkatkan minat siswa terhadap  proses belajar dalam kelas yang diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar yang diinginkan bersama baik guru maupun siswa.
Hakikatnya seorang guru dituntut untuk selalu profesional, mampu menempatkan diri sebagai sebagai komunikator, mediator, dan suri tauladan yang  baik bagi siswa-siswinya. Sebagai komunikatorguruharus mampumenguasai seluruh aspek mata pelajaran yang diajarkannya, baik yang bersumber dari  berbagai buku ataupun sumber-sumber lain seperti internet. Sebagai mediator setidaknya guru mampu membuat dan menggunakan media pembalajaran yang  baik
Seorang guru yang memiliki tunjangan profesi dituntut untuk mampu membuat media pembelajaran yang baik guna melancarkan proses belajar mengajar. Dalam bidang pendidikan, para guru diharapkan paling tidak mampu menggunakan media yang telah tersedia untuk menunjang kegiatan mengajarnya.
Salah satu media pembelajaran yang banyak digunakan guru dalam PBM adalah Power Point. Sebagai guru yang profesional guru harus mampu merancang media power point dengan tampilan yang menarik agar siswa termotivasi belajar. Kalau rekan-rekan guru belum mampu membuat dan ingin belajar, di sini saya sajikan beberapa contoh power point mata pelajaran kimia sebagai bahan yang nantinya bisa digunakan atau bisa diedit dahulu sesuai dengan kebutuhan …. Selamat mendownload ……..

  1. PERAN KIMIA DALAM KEHIDUPAN
  2. STRUKTURATOM
  3. SISTEMPERIODIK UNSUR
  4. IKATAN KIMIA

0 comments:

Posting Komentar